Thursday 26 February 2015

Pantai Manggar “Segara Sari”: Wisata Pantai Favorit di Balikpapan

Pantai Manggar "Segara Sari" mempunyai nama asli Pantai Segara Sari, tetapi orang-orang seputar menyebutnya dengan nama Pantai Manggar. Pantai ini terdapat di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, seputar 9, 5 Km dari Bandara Internasional Sepinggan atau seputar 20 Km dari pusat kota.

Pantai Manggar 'Segara Sari'
Pantai ini mempunyai luas 13. 000 m2 dengan air laut yang jernih, pasir yang putih, serta mempunyai ombak yang cukup tenang. Untuk orang-orang Balikpapan serta sekitarnya, pantai ini adalah tempat yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Lantaran letaknya yang ada di tengah-tengah, pada akhir minggu, pantai ini bakal dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari Balikpapan, Samarinda, serta Kutai Kartanegara.

Ruang Parkir Pantai Manggar "Segara Sari'
Akses dari tepi jalan raya menuju ke ruang Pantai Manggar "Segara Sari" telah bagus. Sarana yang ada juga dukup komplit, dari mulai berjejernya warung-warung, pusat souvenir, sarana berolahraga air seperti jet ski, banana boat, serta kapal karet, sampai ruang parkir yang luas.

Sarana Watersport Pantai Manggar "Segara Sari"
Diluar itu ada juga musholla, toilet umum, fasilitas bermain anak "children play ground", serta panggung terbuka. Dihari-hari besar serta hari-hari spesifik diselenggarakan pertunjukan baik budaya maupun kreativitas di panggung terbuka ini. Tidak sama dengan Pantai Lamaru yang dikelola oleh swasta, pantai ini dikelola segera oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Deretan Warung di Pantai Manggar "Segara Sari"
Pantai Manggar "Segara Sari" di buka untuk umum mulai jam 06. 00 – 18. 00 WITA sehari-harinya. Agar bisa masuk ruang pantai ini, tiap-tiap pengunjung mesti membayar duit retribusi sebesar Rp2. 000, 00 (anak-anak), Rp3. 000, 00 (dewasa), Rp2. 500, 00 (kendaraan roda dua), serta Rp10. 000, 00 (kendaraan roda empat). Itu informasi yang gue bisa sesudah meninggalkan pantai, soalnya cocok gue ke sana gak disuruh duit sepeser juga, mungkin saja lantaran gue ke sana bukanlah cocok akhir minggu kali ya, namun terus saja gue salah. Maap yak. : - (

Pusat Souvenir, Pantai Manggar "Segara Sari"
Lantaran hari telah makin panas, bila gak salah sih seputar jam 12. 30 WITA, gue juga mengajak ayah tukang ojeg, yang jadi asik bercakap sama cewek-cewek, untuk meninggalkan pantai ini. Lantaran kunjungan ke Penangkaran Buaya Teritip telah gue urungkan, jadi gue juga meminta si ayah untuk mengantarkan gue kembali ke penginapan.

Seputar jam 13. 00 WITA gue juga telah hingga di penginapan. Alih-alih makan siang lantas check out, gue juga pilih extend hingga jam 19. 00 WITA agar gue dapat istirahat sebentar, lantas kelak sore ke Bandar Balikpapan buat makan sembari hunting sunset. Bandar Balikpapan terdapat didalam Pasar Klandasan, tepatnya dibagian paling belakang (dalam). Tempat ini adalah salah satu obyek wisata kuliner di Balikpapan. Menu yang ada juga cukup bermacam tetapi sayang gue gak nemuin makanan khas Balikpapan. Gue juga gak pernah foto-foto situasi sore itu di Bandar Balikpapan. Namun untungnya, sunset hari ini indah banget, mungkin saja sunset terindah sepanjang gue di Kalimantan.

Sunset di Bandar Balikpapan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Senang nikmati sunset, gue juga segera balik ke penginapan buat packing soalnya jam 19. 00 WITA kelak gue akan dijemput sama travel Balikpapan – Sangatta (Kutai Timur). Ingin ngapain ke Sangatta? Tunggulah lanjutan ceritanya.

1 comment:

  1. wah patut di coba nih buat dikunjungi.. kebetulan ane mau jalan2 ke balikpapan kan bisa sekalian kunjungi pantai manggar

    ReplyDelete